Soal dan Pembahasan Soal OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 No. 9



9. Percobaan uji aktivitas antimikroba pada kultur cair S. pyogenes menggunakan sampel serum (protein free) murine yang sebelumnya diberikan senyawa X menunjukkan tidak adanya perubahan turbiditas kultur sel sejak waktu penambahan serum, meskipun pengukuran jumlah koloni sel dengan metode lempeng agar total (total plate count) menunjukkan penurunan yang berarti dibandingkan dengan kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, serum dari murine percobaan kemungkinan mengandung senyawa antimikroba yang bersifat
a. bakteriolitik
b. bakteriosidal
c. bakteriophaga
d. bakteriostatik
e. bakteriorhodpsin

Jawaban : B

Pembahasan

perlu kalian garis bawahi, pada soal di atas disebutkan bahwa setelah penambahan serum terjadi penurunan jumlah sel hidup sedangkan sel totalnya tetap (tidak adanya perubahan turbiditas kultur sel. turbiditas = kekeruhan). sehingga sifat dari serum adalah bakteriosidal.

bakteriolitik = sel hidup dan sel total mengalami penurunan
bakteriosidal = sel hidup turun dan sel total tetap
bakteriophaga = virus yang menginfeksi dan bereplikasi di dalam bakteri
bakteriostatik = sel total dan sel hidup tetap
bakteriorhodpsin = suatu jenis protein yang digunakan oleh kelompok archae terutama oleh golongan halobacteria yang bertindak sebagai pompa proton dengan cara menangkap energi cahaya dan menggunakannya untuk memindahkan proton melintasi membran sel sehingga bisa menghasilkan energi kimia bagi sel.

1 komentar:

  1. terima kasih postingnya sangat membantu semoga blog ini selalu ramai dengan orang2 yang ingin belajar dan berprestasi,,kapan kelanjutan pembahasan osk
    2016 selanjutnya?

    BalasHapus

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.