Soal dan Pembahasan Soal OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 No. 1


1.       Seorang wanita berumur 32 tahun menderita kanker payudara. Ibunya dan salah satu adik ibunya yang wanita juga menderita kanker payudara, serta neneknya dari pihak ibu menderita kanker ovarium. Pilihan berikut yang paling tepat menjelaskan tentang masalah yang diturunkan adalah?
a.       Suatu tumor supressor menyebabkan hilangnya kemampuan apoptosis
b.      Suatu tumor supressor menyebabkan ketidakmampuan memperbaiki DNA
c.       Suatu tumor supressor menyebabkan aktifnya jalur mAP kinase secara terus menerus
d.      Suatu onkogen menyebabkna ketidakmampuan memperbaiki DNA
e.      Suatu onkogen menyebabkan aktifnya jalur MAP kinase secara terus menerus

Jawaban : B

Pembahasan :


Pada soal di atas kita bisa menyimpulkan bahwasannya kanker yang terjadi di keluarga tersebut diturunkan secara genetis. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kanker itu berasal dari satu sel gen yang mengalami kerusakan atau mengalami mutasi. Sel gen yang mengalami kerusakan dapat menjadi liar dan berkembang tanpa henti, sehingga dari satu sel menjadi jutaan sel dan membentuk jaringan baru. Jaringan baru itu disebut tumor atau kanker. Gen dalam sel ada yang disebut gen kanker ( oncogen ), gen penekan tumor ( tumor suppressor gen ), dan gen yang bertugas memperbaiki gen yang rusak, yaitu repair gen. Bila salah satu dari gen tersebut mengalami kerusakan, maka bisa menjadi kanker.

Nah berdasarkan soal di atas, penyebab kanker pada keluarga tersebut adalah suatu tumor supressor (gen penekan tumor) tidak mampu memperbaiki DNA yang telah mengalami kerusakan tadi. Sehingga gen yang rusak ini diturunkan ke keturunannya sehingga keturunannya menjadi pengidap kanker

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.