Soal dan Pembahasan Soal Sinaps Tahun 2014 No. 1



1.        Ketika beberapa bakteri diberi pewarna gram, bakteri akan membentuk kompleks iodin-kristal violet. Kemampuan bakteri untuk mempertahankan kompleks iodin-kristal violet bergantung pada ...
a.    Ketebalan matriks ekstraseluler
b.    Adanya kapsul
c.    Ketebalan peptidoglikan
d.   Morfologi bakteri

e.    Selektivitas membran sel 

Jawaban : C
Pembahasan :

Bakteri dibagi menjadi dua kelompok yaitu tergantung pada kemampuan mereka untuk mempertahankan kristal violet-iodine, pewarna kompleks ketika sel-sel diperlakukan dengan aseton atau alkohol. Reaksi ini disebut sebagai reaksi Gram. Reaksi ini digunakan untuk mengungkapkan perbedaan mendasar dalam struktur bakteri. Mikroskop elektron menunjukkan bahwa bakteri Gram-negatif dan Gram-positif memiliki struktur yang berbeda secara fundamental, terkait dengan komposisi dinding sel.

Sel dengan banyak lapisan peptidoglikan dapat mempertahankan violet-iodine kompleks kristal ketika diobati dengan aseton. Ini disebut bakteri Gram-positif dan muncul biru-hitam atau ungu jika diwarnai dengan metode Gram. Bakteri gram negatif hanya memiliki satu atau dua lapisan peptidoglikan dan tidak dapat mempertahankan violet-iodine kompleks kristal. Ini perlu counterstaining dengan pewarna lain untuk dilihat menggunakan metode Gram. Sebuah pewarna merah seperti encer carbol fuchsin sering digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.