Soal dan Pembahasan Soal OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2016 No. 13



13. Tergolong ke dalam sistem pertahanan apakah sistem CRISPR/CAS di atas?
a. humoral
b. seluler
c. peripheral
d. innate
e. adaptif

jawaban : E

pembahasan :

Sistem imun adaptif atau spesifik terutama menyerang penjajah tertentu. Ini terdiri dari sel-sel yang sangat khusus yang disebut sel T limfosit yang berasal dari timus dan diturunkan sel limfosit B yang berasal sumsum tulang. Sel-sel ini mampu mengenali antigen asing yang berbeda dalam cara yang sangat tepat dan memiliki kapasitas untuk menghasilkan memori imunologi, sehingga memungkinkan pengenalan patogen yang telah ditemukan sebelumnya.

Kekebalan adaptif dapat dibagi menjadi dua jenis; imunitas humoral dan imunitas seluler. Imunitas humoral dimediasi oleh molekul antibodi yang disekresikan oleh limfosit B yang dapat menetralisir patogen di luar sel, dan imunitas seluler dimediasi oleh limfosit T, yang dapat menghilangkan sel-sel yang terinfeksi dan memberikan bantuan kepada respon imun lainnya.

Selain itu kerja dari sistem pertahanan adaptif ini adalah spesifik pada patogen tertentu.

3 komentar:

  1. ngebantu bgt supaya lebih ngerti jawaban dan penjelasannya. semoga ada lanjutannya lagi

    BalasHapus
  2. Alhamdulillaaah... terimakasih banyak atas post2 Anda, sungguh sangat bermanfaat dan sangat membantu tugas saya, jazakillahu khairan katsiiran :) terimakasih....

    BalasHapus
  3. terbantu sekali ,terima kasih.

    BalasHapus

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.