Soal dan Pembahasan UN Bahasa Indonesia 2016

Bacalah paragraf berikut untuk menjawab
soal nomor 1 dan 2!
(1) Pendidikan merupakan salah satu
faktor yang dapat memengaruhi peluang
kerja seseorang. (2) Biasanya semakin tinggi
tingkat pendidikan seseorang, semakin besar
pula peluang untuk mendapatkan pekerjaan.
(3) Namun, ada juga yang menilai dari tingkat
keahliannya. (4) Untuk mengatasi pengangguran diperlukan pendidikan khusus. (5) Melalui pendidikan yang berbasis keahlian,
seperti vokasi, diharapkan dapat menjadi alternatif untuk mengatasi jumlah pengangguran di Indonesia.
01. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada
kalimat nomor ….
(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)
(E) (5)


02. Makna vokasi pada paragraf tersebut adalah ….
(A) diploma
(B) sarjana
(C) profesional
(D) magister
(E) doktoral


Bacalah paragraf berikut untuk menjawab
soal nomor 3 dan 4!
(1) Minuman dapat dibedakan menjadi dua
jenis. (2) Minuman yang berkhasiat bagi tubuh
dan minuman penghilang rasa haus. (3) Minuman yang berkhasiat bagi tubuh dapat dibuat
dari sayuran dan buah-buahan yang diblender
menjadi jus. (4) Jus banyak mengandung vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan dan
bermanfaat bagi daya tahan tubuh. (5) Banyak
orang menjual jus di pinggiran jalan.
03.Kalimat yang tidak padu adalah nomor ….
(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)
(E) (5)


04. Mengapa jus termasuk jenis minuman yang
berkhasiat bagi tubuh?
(A) Menghilangkan haus.
(B) Rasanya enak dan segar.
(C) Dijual di pinggir jalan.
(D) Banyak yang menyukai.
(E) Mengandung vitamin dan serat.


Bacalah paragraf berikut dengan cermat!(1) Pada tahun 2013 kualitas masyarakat
Indonesia semakin rendah. (2) Hal ini dilihat
dari semakin meningkatnya angka pengangguran di Indonesia. (3) Tahun 2012 angka pengangguran hanya 30% dan tahun 2013 bertambah menjadi 43%. (4) Angka kriminalitas
di Indonesia juga semakin meningkat. (5) Dan
yang paling parah banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengikuti program pemerintah
wajib belajar 9 tahun.

05. Kalimat yang berisi fakta dalam paragraf
tersebut adalah nomor ….
(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)
(E) (5)


Bacalah paragraf berikut untuk menjawab
soal nomor 6 s.d. 8!
(1) Dampak negatif pemanasan global terus
diserukan. (2) Badan kesehatan dunia (WHO)
memperingatkan tentang makin hangatnya
temperatur udara. (3) Diduga hal ini dapat
memicu timbulnya penyakit seperti demam
berdarah
dangue dan malaria. (4) Lebih lanjut
WHO melaporkan perubahan
iklim menyebabkan lebih dari 150.000 kematian dan lima
juta orang terserang penyakit setiap tahunnya.
(5) Dengan demikian, diprediksi
frekwensinyadapat berlipat ganda pada tahun 2030. 
06. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
(A) dampak negatif pemanasan global
(B) peringatan tentang hangatnya temperatur
udara
(C) penyebab timbulnya penyakit demam
berdarah
(D) perubahan iklim akibat pemanasan global
(E) dampak perubahan iklim dunia


07. Tujuan penulis dalam paragraf tersebut adalah
….
(A) mengajak pembaca untuk waspada terhadap
pemanasan global
(B) mengimbau pembaca untuk mengurangi
temperatur tinggi
(C) memberitahukan dampak negatif pemanasan
global

(D) mengharapkan pembaca untuk berhati-hati
terhadap pemanasan global
(E) melaporkan data penyakit yang ditimbulkan
akibat pemanasan global


08. Kalimat yang menggunakan kata tidak baku
adalah ….
(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)
(E) (5)


Bacalah kutipan biografi berikut untuk
menjawab soal nomor 9 dan 10!
Amir Hamzah lahir di Tanjung Pura, Langkat,
Sumatra Timur, 28 Februari 1911. Beliau adalah
sastrawan Indonesia Angkatan Pujangga Baru. Ia
lahir dalam lingkungan keluarga banqsawan Melayu dan banyak berkecimpung dalam kegiatan
sastra dan kebudayaan Melayu. Amir Hamzah
bersekolah dan tinggal di Pulau Jawa pada saat
pergerakan kemerdekaan. Ia memperkaya dirinya
dengan kebudayaan modern, kebudayaan Jawa,
dan kebudayaan Asia yang lain. Amir Hamzah
dalam kumpulan sajak
Buah Rindu (1941) yang
ditulis antara tahun 1928 dan tahun 1935 terlihat
jelas perubahan perlahan saat lirik pantun dan
syair Melayu menjadi sajak yang lebih modern.
Hamzah tidak hanya menjadi penyair besar pada
zaman Pujangga Baru, tetapi juga menjadi penyair yang diakui kemampuannya dalam bahasa
Melayu-lndonesia hingga sekarang. Di tangannya,
bahasa Melayu mendapat penghargaan hingga
zaman sekarang.
09. Hal yang dapat diteladani dari Amir Hamzah
adalah ….
(A) karya-karyanya digemari masyarakat
(B) menjadi penyair besar pada zaman Pujangga
Baru
(C) mampu membuat puisi dalam bahasa
Melayu-Indonesia
(D) memperkaya dirinya dengan kebudayaan
lain

(E) mendapat berbagai penghargaan hingga
sekarang


10. Mengapa Amir Hamzah menjadi penyair yang
diakui kemampuannya dalam bahasa MelayuIndonesia?
(A) la berkecimpung dalam kegiatan sastra dan
kebudayaan Melayu.

(B) Amir Hamzah tinggal di Pulau Jawa pada
saat kemerdekaan.
(C) la memperkaya dirinya dengan kebudayaan
modern.
(D) la menjadi penyair besar pada zaman
Pujangga baru.
(E) la menjadikan bahasa Melayu dihargai hingga
zaman sekarang
 

Bacalah kutipan tajuk rencana berikut
untuk menjawab soal nomor 11 dan 12!
Sous le Ciel de Paris (Di bawah langit Paris),
30 November, 150 pemimpin dunia berkumpul,
termasuk Presiden AS Barack Obama, Presiden
Tiongkok Xl Jinping, Presiden Rusia Vladimir
Putin, Perdana Menteri India Narendra Modi.
Mereka akan mencoba lagi kesepakatan baru
yang enam tahun lalu gagal dicapai di Kopenhagen.
Kali ini, dalam suasana lebih baik, diharapkan kesepakatan membatasi kenaikan suhu permukaan bumi paling tinggi dua derajat dari
suhu sebelum era Revolusi Industri bisa dicapai. Pada masa lalu, penghasil emisi besar dunia
tidak mau tunduk. AS berpandangan, fokus
tuntutan bukan hanya negara maju. Melainkan
juga negara berkembang. Tidak
fair jika AS harus mengganti semua alat produksi menjadi
ramah lingkungan dengan biaya mahal, yang
akan membuat lndustrinya bakal tidak kompetitif.
Sebaliknya, argumen negara berkembang,
kami baru memulai industri, mengapa dipaksa
dan ditekan. Mestinya Anda yang harus lebih
banyak berkorban karena sudah membakar
bahan bakar fosil yang menghasilkan gas
rumah kaca sejak dua setengah abad silam.
Semoga Konferensi Para Pihak (COP) ke-
21 di Paris bisa melangkah maju dengan banyaknya elemen masyarakat dunia yang berunjuk rasa, mulai dari Seoul hingga Rio de Janeiro.


11. Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana
tersebut adalah ….
(A) diharapkan ketercapaian kesepakatan membatasi kenaikan suhu permukaan bumi
(B) sebanyak 150 pemimpin dunia hendaknya
berkumpul di Paris pada tanggal 30 November
(C) pemimpin dunia mencoba mencapai kesepakatan yang pernah gagal
(D) tidak fair jika AS mengganti alat produksi
menjadi ramah lingkungan
(E) negara COP diharapkan melangkah maju
sehubungan banyaknya unjuk rasa


12. Pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan
tajuk rencana tersebut adalah ….
(A) negara-negara maju
(B) negara-negara COP
(C) negara berkembang
(D) Amerika Serikat
(E) masyarakat dunia


Cermatilah teks berikut!
Teks 1
Kehadiran Komet Ikeya-Seki yang dapat dilihat
secara mata telanjang dan penampakannya
berlangsung berhari-hari membuat beredar isu
kala itu bahwa akan terjadi mala petaka besar.
Isu itu kian membuat ngeri ketika orang-orang
menyaksikan secara jelas ekor Komet IkeyaSeki yang tampak begitu besar dan seolah akan
membelah angkasa.


Teks 2Gerhana bulan muncul apabila bulan sedang
beroposisi dengan matahari. Karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5°, tidak setiap oposisi bulan dengan matahari akan mengakibatkan terjadinya
gerhana bulan. Perpotongan bidang orbit bulan
dengan bidang ekliptika akan memunculkan 2
titik potong yang disebut
node, yaitu titik tempat
bulan memotong bidang ekliptika. Gerhana
bulan ini akan terjadi saat bulan berposisi pada
node tersebut. Bulan membutuhkan waktu
29,53 hari untuk bergerak dari satu titik oposisi
ke oposisi lainnya. Seharusnya, jika terjadi gerhana bulan akan diikuti dengan gerhana
matahari dan kedua
node tersebut terletak pada
garis yang menghubungkan antara matahari
dengan bumi.
13. Persamaan kedua teks tersebut adalah ….
(A) membahas peristiwa malapetaka di bumi
akibat komet
(B) menjelaskan gejala alam yang muncul di
malam hari
(C) menguraikan perpindahan bintang atau
planet di alam
(D) memperkirakan timbulnya bencana akibat perubahan alam
(E) membicarakan gejala alam yang terjadi di
ruang angkasa
  

Bacalah kutipan novel berikut untuk
menjawab soal nomor 14 s.d. 16!
(1) "Ehm... ehm... saya mendalami kaligrafi,
Tad... ehm dan perlu ke Ponorogo untuk
tambah alat..." Kalimat yang sudah aku
bayangkan tadi berantakan di bawah sorot
mata Ustad Torik yang bikin ngilu.
(2) "Kamu ngomong apa? Bicara yang jelas,
lihat mata saya!” potongnya. Matanya yang
dalam mencorong tajam.
(3) Aku mengangkat muka, walau ngeri, aku
coba pandang mukanya, hanya sampai
bagian jenggot. Matanya terlalu tajam.
Dengan susah payah aku coba kembali
susun kalimat di kepala.
(4) "Ustad, saya mau beli kalam kaligrafi di
kota karena di sini tidak ada ..." "Tidak
mungkin. Saya juga kaligrafer, semua alat
tersedia di sini," katanya memotong cepat.
(5) "Tapi... tapi... kalam yang ada hanya untuk
kaligrafi biasa. Saya ingin mencoba kaligrafi
khouf yang penuh garis-garis dan hiasan
daun, Tad. Lebih dibutuhkan spidol tebal
tipis dan penggaris dibandingkan kalam biasa,"
belaku.
14. Watak ustad yang tegas diungkapkan melalui ….
(A) dialog tokoh
(B) tanggapan tokoh lain
(C) keadaan sekitar tokoh
(D) pikiran tokoh
(E) uraian langsung pengarang


15. Pernyataan yang membuktikan latar suasana
yang menegangkan terdapat dalam kalimat ….
(A) (1) dan (2)
(B) (2) dan (3)
(C) (3) dan (4)
(D) (4) dan (5)
(E) (5) dan (1)


16. Konflik dalam kutipan tersebut adalah ….
(A) Ustad Torik melarang rencana tokoh aku
pergi ke Ponorogo
(B) Ustad Torik merasa disaingi muridnya
dalam menulis kaligrafi
(C) Ustad Torik merasa tidak senang terhadap
tabiat tokoh aku
(D) Ustad Torik merasa digurui muridnya
(E) Si tokoh aku merasa ketakutan karena
hobinya diketahui ustad


Bacalah kutipan cerpen berikut untuk
menjawab soal nomor 17 s.d. 19!
(1) "Bung, tolong matikan rokoknya, bus ini
akan tambah pengap dengan asap rokok
Bung!"
(2) "Iya, tolong matikan rokoknya," kata
penumpang lain.
(3) Akan tetapi, pemuda itu tenang-tenang
saja.
(4) "Bung, tidak dengar, ya?"
(5) Pemuda itu menatap tajam.
(6) "Peduli apa, Pak. Tak ada larangan merokok dalam bus ini. Apa harus minta permisi dulu untuk merokok," katanya ketus.
. (Asap-Asap Rokok, Hidayat M.)
17. Pernyataan yang mengungkapkan pemuda
perokok berwatak sangat egois. Hal itu dapat
dibuktikan pada kalimat ….
(A) (1), (3), dan (5)
(B) (1), (4), dan (6)
(C) (2), (3), dan (4)
(D) (2), (4), dan (6)
(E) (3), (5), dan (6)


18. Nilai sosial yang terdapat dalam kutipan
tersebut adalah ….
(A) tidak peduli dengan kepentingan orang lain
(B) tetap merokok di dalam bus
(C) marah kepada pemuda perokok
(D) merasa tidak berdosa
(E) menjawab pertanyaan dengan ketus


19. Amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen
tersebut adalah ….
(A) jangan mengganggu orang lain
(B) cari bus yang bebas untuk merokok
(C) jangan bersikap acuh tak acuh
(D) jangan berkata ketus kepada orang lain
(E) hormatilah kepentingan orang lain di
tempat umum
  

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.