Soal dan Pembahasan Soal OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2015 No. 18



Sebelumnya Soal dan Pembahasan Soal OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2015 No. 17

18. Manakah diantara pernyataan berikut ini yang benar tentang sistem rantai transfer elektron yang ditemukan pada sel eukarya dan bakteri
A. Hanya digunakan untuk membantu proses sintesis ATP
B. Tidak ditemukan pada kloroplas
C. Ubiquinon yang ditemukan pada mitokondria, merupakan salah satu protein membran yang membantu proses transfer elektron
D. Pada beberapa bakteri, nitrat dapat digunakan sebagai akseptor elektron akhir menggantikan oksigen
E. Membantu membangkitkan gradien proton antara stroma dan ruang antar membran kloroplas 

Jawaban : A

Pembahasan

Hanya digunakan untuk membantu proses sintesis ATP (BENAR)
Transfer elektron merupakan tahapan terakhir dari respirasi aerob yang nantinya akan menghasilkan ATP dan H2 O sebagai hasil akhirnya. Dalam transfer elektron, oksigen berperan sebagai penerima elektron terakhir yang nantinya akan membentuk H 2O yang akan dikeluarkan dari sel. Disebut dengan transfer elektron karena dalam prosesnya terjadi transfer elektron dari satu protein ke protein yang lain. Elektron yang ditransfer berasal dari NADH dan FADH 2 yang telah terbentuk sebelumnya. Elektron akan ditransfer dari tingkat energi tinggi menuju tingkat energi yang lebih rendah sehingga akan melepaskan energi yang akan digunakan untuk membentuk ATP.

Tidak ditemukan pada kloroplas (SALAH)
Pada proses fotosintesis memerlukan elektron untuk terjadi fotolisis air.

Ubiquinon yang ditemukan pada mitokondria, merupakan salah satu protein membran yang membantu proses transfer elektron  (SALAH)
Ubikuinon (bahasa Inggris: ubiquinone, ubidecarenone, coenzyme Q, CoQ, Q10, UQ10, Q, CoQ10) adalah senyawa organik dari keluarga kuinon dengan gugus parakuinon dan 10 gugus isoprenil. CoQ10 merupakan substansi mirip vitamin yang larut di dalam lemak , yang terdapat pada membran plasma hampir seluruh jenis sel eukariota dan pada badan Golgi, dan di dalam rantai transpor elektron pada mitokondria, sebagai bagian dari sistem transpor elektron transmembran.

Pada beberapa bakteri, nitrat dapat digunakan sebagai akseptor elektron akhir menggantikan oksigen (SALAH)
Pada semua jenis eurkariotik dan prokariotik, akseptor elektron akhir dipegang oleh oksigen.

Baca selengkapnya Rantai Transfer Elektron

Soal dan Pembahasan Soal OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2015 No. 19


Lihat kumpulan Soal OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2015 di sini

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.