Soal dan Pembahasan Soal OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2015 No. 20



SebelumnyaSoal dan Pembahasan Soal OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2015 No. 19

20. Di bawah ini merupakan berbagai jenis struktur/molekul yang diketahui memiliki ribozyme, Kecuali?
A. Viroid
C. Telomerase
D. Group I intron
E. Prion

Jawaban : C

Pembahasan

Ribozim merupakan kependekan dari ribonucleic acid enzyme yang dalam bahasa Indonesia artinya enzim asam ribonukleat. Ribozim ini adalah molekul RNA yang mengatalisis reaksi kimia. Enzim asam ribonukleat juga dapat disebut enzim RNA atau RNA katalitis. Ribozim alami mengatalisis hidrolisis ikatan fosfodiester mereka sendiri, atau hidrolisis ikatan di RNA lain. Beberapa ribozim mengatalisis aktivitas aminotransferase pada ribosom. Ribozim ini merupakan materi gentik pertamayang memainkan peran penting dalam sintesis protein dan dapat juga melakukan fungsi katalik seperti enzim-enzim pada umumnya. 

Viroid
Viroid adalah patogen yang menyerang tanaman yang memiliki potongan RNA pendek yang tersusun secara komplementer, silkuler, dan beruntai tunggal. Ingat temans, viroid berbeda dengan virus. Viroid ini tidak memiliki kapsid. Viroid ini hanya bisa hidup di dalam sel inang sebagai partikel RNA. Jika ukuran viroid dibandingkan dengan ukurang virus, maka viroid ukurannya seper delapan puluhnya ukuran virus. Dalam hidupnya, viroid tidak mengkode protein, tetapi dia mampu bereplikasi dengan menggunakan enzim seluler. Molekul RNA yang terdapat di viroid akan mengganggu metabolisme sel dan mengacaukan sistem pengendali pertumbuhan sehingga menghambat pertumbuhan tanaman. 

Enzim Tolmerase
Enzim telomerase adalah enzim yang termasuk golongan reverse transcriptase enzim di mana ia memiliki peran didalam pemendekan kromosom selama proliferasi sel. (Proliferasi adalah pertumbuhan sel yang disebabkan oleh pembelahan sel yang cepat bukan berdasarkan pada bertambah besarnya sel tersebut) Enzim ini juga berfungsi untuk menambahkan urutan DNA berulang yaitu TTAGGG pada semua vertebrata pada ujung 3' utas DNA-nya. Enzim telomerase tersusun atas DNA yang rapat sehingga menjaga kromosom tetap stabil. Cara kerja dari enzim telomerase adalah dengan cara membangun kembali telomere yang menutupi setiap ujung kromosom yang bisa menghentikan proses terurainya enzim. (Telomere adalah gen yang berada di ujung kromosom) Semakin panjang telomere pada suatu sel, maka sel itu akan terlindungi dan proses penuaan sel akan berjalan lambat.

Aktivitas dari enzim telomerase pada kebanyakan sel eukariota banyak ditemukan pada jaringan somatik dan diekspresikan pada sel yang mengalami pembelahan cepat atau proliferasinya cepat seperti yang terjadi pada sel kanker atau tumor.

Group I intron
Group I intron ini memiliki ribozim sehingga mereka bisa melakukan sintesis protein sendiri.

Prion
Prion adalah pembawa penyakit menular yang hanya terdiri dari protein. Prion tidak dapat dimusnahkan dengan panas, radiasi, atau formalin. Prion menyebabkan berbagai penyakit degenerasi seperti kuru, scrapie, Creutzfeldt-Jakob disease (CJD), dan bovine spongiform encephalopathy (BSE atau sapi gila). Semua penyakit ini menyerang otak atau sistem saraf lainnya, mematikan, dan belum dapat disembuhkan. Tidak seperti viroid, prion merupakan protein yang tidak dapat bereplikasi namun dapat mengubah protein inang menjadi protein versi prion. Secara hipotetis prion merupakan versi "salah lipat" dari suatu protein yang umumnya terdapat pada sel otak. Jika prion melakukan kontak dengan protein "kembarannya" (yang normal) prion dapat menginduksi protein normal menjadi bentuk abnormal. Reaksi ini terus berlanjut hingga prion terakumulasi dalam jumlah yang membahayakan, lalu menyebabkan malafungsi seluler dan akhirnya menyebabkan terjadinya degenerasi otak.[

Sebelumnya Soal dan Pembahasan Soal OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2015 No. 21


Lihat kumpulan Soal OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2015 di sini

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.