Manfaat dan Khasiat Pegagan


Menurut asal-usulnya, pegagan berasal dari Asia Tropik dan tersebar ke wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Hampir diseluruh pelosok negeri tanaman ini dikenal dengan berbagai sebutan nama lokal, antara lain antanan, pegagan, kerok batok, panegowang (Jawa); antanan gede (Sunda); kos tekosan (Madura); pagaga (Makasar); dau tungke (Bugis); kori-kori (Halmahera); dan koloti manora(Ternate). Pegagan cepat beradaptasi dengan tanah yang agak lembab,sekaligus mendapat cukup sinar matahari.Oleh karena itu, tanaman ini sering ditemukan tumbuh dengan subur di padang rumput, di pinggir selokan, dan empang-empang sawah. Pegagan termasuk tanaman herba menahun. Tumbuh menjalar pada tanah sehingga sering digunakan sebagai tanaman penutup tanah.Ia tumbuh dengan baik pada lingkungan yang sesuai dan tidak membutuhkan perawatan khusus.Tanaman ini dapat diperbanyak secara vegetative dengan stolon-stolonnya. Tanaman pegagan dikenal juga dengan nama antanan atau daun kaki kuda. Pegagan memiliki nama latin Centella asiatica (Linn) dan termasuk dalam keluarga Umbelliferae.

Daun pegagan ini memiliki sifat manis dan sejuk. Sementara efek farmakologisnya adalah anti-infeksi, antitoxic, penurun panas, peluruh air seni. Karena efek farmakologis tersebut pegagan secara turun temurun sering dijadikan sebagai obat tradisional.

7 Khasiat Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
1. Manfaat Daun Pegagan Untuk Sakit Tipes
Dengan cara menyiapakan dan meramu bahan seperti 1 genggam daun pegagan, ½ genggam daun jintan dan 5 batang tapak liman, semua bahan tersebut dicuci bersih dan dikukus untuk diambil airnya, ditambah dengan 1 sendok makan madu dan diminum. Itu akan berkhasiat untuk mengobati Tipes.
2. Khasiat daun Pegagan Sebagai obat Maagh Dam Kembung
Bila melakukan cara seperti ini : siapkan 5 gram pegagan, 1 gram pupus pepaya, 7 gram adas, 3 gram jinten, 5 gram kencur (diparut), 5 gram sembung, 6 gram daun pooh, 5 gram pulosari, 2 gram ketumbar, dan 10 gram falerian. Semua bahan direbus dengan 500 ml air dan diminum untuk 1 hari. Akan berguna untuk mengobati Sakit Maag dan Kembung pada perut
Anda.

3. Sebagai Obat Sariawan Disentri dan Masalah Usus
Bila ingin mencoba ramuan dengan komposisi : 2 genggam pegagan segar, 1 jari rimpang kunyit, 1 sendok teh rasuk angin (serbuk), 9 butir ketumbar, 110 ml air, ditumbuk, tambahkan air, dan disaring. Dididihkan dan minum 1 kali sehari 100 ml selama 7 hari. Dapat berfungsi menyembuhkan sariawan pada usus dan disentri

4. Manfaat Daun Pegagan Sebagai Obat Asma Ampuh
Dapat mengobati Asma serta Batuk dengan cara meramu bahan sebagai berikut : 2 genggam pegagan segar dan air secukupnya ditumbuk dan diperas untuk diambil airnya, diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir selama 14 hari.

5. Khasiat Pegagan Untuk Obat Demam dan nafsu makan
Berkhasiat menyembuhkan Demam dan menambah nafsu makan yaitu dengan cara : 5 gram pegagan diseduh dengan air secukupnya, ditumbuk dan diperas sebagai pengganti air teh.

6. Khasiat daun Pegagan Untuk Obat Sakit Kepala
Saat mengalami Sakit Kepala, Anda dapat menyiapkan : 1 genggam daun pegagan dan seujung sendok makan jintan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal ½ gelas, disaring dan ditambah dengan 1 sendok makan madu, kemudian diminum untuk menyembuhkannya.

7. Daun Pegagan Untuk Obat Ayan dan Lainya
Sangat Mujarab untuk mengobati Ayan dengan cara :Daun pegagan kering dan gula aren secukupnya, lalu ditumbuk halus kemudian diambil 1 sendok dan dicampur dengan gula aren secukupnya. Kedua bahan tersebut diseduh dengan 1 gelas air panas (masak), disaring dan diminum, diulangi secara teratur.


Semoga penjelasan tadi bisa bermanfaat dan membuka wawasan Anda bahwasanya pegagan yang selama ini dianggap sebagai gulma, ternyata memiliki manfaat yang luar biasa banyaknya.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.