Enzim Restriksi



Pengertian Enzim Restriksi

Enzim restriksi adalah suatu enzim yang berasal dari mikroba yang dapat memotong sekuens atau urutan DNA untai ganda. Enzim restriksi ini mempunyai nama lain yaitu endonuklease restriksi. Enzim ini bekerja dengan memotong sekuens DNA secara spesifik dengan memotong 4 sampai dengan 6 pasangan basa. Enzim restriksi ini memotong sekuens DNA pada rangka gula fosfatnya tanpa merusah susunan basa nitrogennya.


Tahukah teman-teman jika enzim restriksi ini ditemukan di dalam bakteri dan archaea yang berfungsi untuk menyediakan mekanisme pertahaan terhadap invasi virus. Di dalam prokariota enzim melakukan pembatasan dalam memotong DNA asing. Lalu bagaimana dengan DNA inang? Nah, DNA inang ini dilindungi oleh seuatu enzim modifikasi atau methyltransferase yang memodifikasi DNA dan blok pembelahan peokariotik. Pembatasan dan modifikasi ini bekerja secara bersama-sama utuk membentuk sistem modifikasi pembatasan.

Dewasa ini sudah ada lebih dari 3000 enzim restriksi yang telah diteliti dan dipelajari oleh ilmuan dengan seksama dan lebih dari 600 enzim telah tersedia secara komersial. Penggunaan enzim restriksi biasanya digunakan secara rutin untuk modifikasi DNA di laboratorium dan merupakan alat yang sangat penting dalam proses kloning molekuler.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.