Resensi Buku Atom dan Molekul

Judul                     : Jejak Sejarah Sains : ATOM DAN MOLEKUL
Pengarang             : Chris Woodford & Martin Clowes
Penerbit                 : Pakar Karya
Tahun Terbit                   : 2006
Halaman               : 40 Halaman

Sejarah Struktur Terkecil dari Sebuah Materi
Oleh : Salsabila Ikmas Y.P.

Materi adalah nama ilmiah untuk material (bahan) yang menyusun segala sesuatu di sekitar kita, dan tersusun atas atom-atom serta molekul-molekul. Teori-teori modern tentang struktur atom yang muncul sekitar awal abad kedua puluh, menemukan fragmen penyusun atom antara lain : electron, neutron, dan proton.
Semua dimulai dari para fisuf Yunani kuno beserta alkemiwan yang mempercayai bahwa materi tersusun atas beberapa campuran zat. Tetapi mereka gagal, dan beralih ke para kimiawan yang memahami tentang cara kerja materi lebih menyeluruh dan akurat pada akhir abad ketujuh belas. Mereka berhasil menemukan unsur-unsur, molekul, materi, gerak, hingga radioaktifitas pun akhirnya ditemukan sampai saat ini.
Seperti yang tertulis dalam buku karya Chris Woodford & Martin Clowes, Atom merupakan struktur terkecil yang tersusun menjadi sebuah materi disekeliling kita, seperti : udara, tanah yang dipijak, maupun tubuh kita sendiri. Berabad-abad para ilmuwan meneliti keberadaan atom hingga partikel terkecil-nya. Walau manusia sekarang sudah dapat memahami sekaligus memanfaatkan atom, tetapi mereka masih haus akan rasa ingin tahu yang lebih dalam. Tentang apakah atom memang benar-benar struktur terkecil dari sebuah materi? Atau bahkan adakah yang lebih kecil lagi dari atom? Kita masih belum mengetahui jawaban yang pasti. Bahkan, kajian tentang atom dan molekul masih jauh dari kata selesai.
Materi yang dibahas dalam buku memberikan informasi yang jelas dan singkat tentang sejarah atom dan molekul kepada pembaca. Penggunaan bahasanya pun sangat mudah untuk dipahami bagi para pemula maupun awam. Tetapi sayangnya, kover buku menggunakan kombinasi warna dan gambar yang kurang bagus, sehingga buku tersebut kurang menarik.
Buku yang terkesan ‘murah’ ini, terbuat dari bahan yang cukup bagus dan tahan lama. Walau hanya terdiri atas 40 halaman saja, kita menjadi tahu bahwa atom sangat berguna dalam kehidupan kita sehari-hari.



0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.