Pidato Cara Belajar yang Benar

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang terhormat Bu Elvri Mailuxy serta rekan-rekan kelas X IA 2 yang berbahagia. Marilah kita haturkan puji dan syukur kepada Allah SWT karena atas curahan rahmat dan hidayahnya kita dapat mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia dalam keadaan sehat wal afiat. Teman-taman yang saya sayangi,
Pada kesempatan ini perkenankanlah saya untuk menyampaikan pidato yang berjudul “Cara Belajar Yang Efektif”
Belajar secara efektif merupakan cara belajar yang mengutamakan hasil dan proses yang efisien. Keuntungan dari belajar secar efektif antara lain, kita lebih cepat mengerti materi yang sedang kita pelajari dan kita dapat menghemat waktu untuk belajar. Untuk menjalani proses belajar yang efektif ada beberapa cara yang dapat kita lakukan antara lain :
1.      Selalu berdoa agar diberikan kemudahan dalam belajar
Dalam segala aktivitas, kita dianjurkan untuk berdo’a memohon pertolongan dan petunjuk dari Allah SWT. al Qur’an menjelaskan”Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepadaku niscaya akan kuperkenankan bagimu” (Qs. Ghafir: 60) Menjadi jelaslah bahwa Allah akan mendengar setiap permintaan para hamba-Nya, dan bahkan akan mengabulkan segala permintaanya.
2.      Cintailah mata pelajaran yang kita suka
Misalnya kita tidak bisa dalam pelajaran fisika, namun kita sangat mencintai pelajaran yang satu ini. Maka dengan kecintaan itu, suatu saat akan menjadikan kita mendapatkan nilai ulangan fisika yang sempurna, karena sesuatu yang dilakukan sepenuh hati akan menghasilkan hasil yang memuaskan.
3.      Coba dan Gagal (Trial and Error)
Dalam hidup ini, gagal adalah teman kita juga, jadi jangan pernah menghindar darinya. Kita salah, untuk apa? agar kita tahu yang benar itu bagaiman. Materi yang sesulit apapun, pasti akan bisa kita kuasai asal tidak ada kata menyerah memahaminya. Coba terus, gagal sudah biasa.
Jadi, kesimpulannya adalah belajar secara efektif dapat meningkatkan kualitas belajar kita dalam kehidupan sehari-hari. Karena, belajar secraa efektif dapat membuat proses belajar kita menjadi lebih menyenangkan. Saya harap teman teman dapat merubah pola belajarnya, yang awalnya kurang efektif menjadi lebih efektif.
          Cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf apabila terdapat kata yang kurang berkenan di hati ibu guru dan teman-teman. Terima kasih atas perhatiannya. Billahi taufiq wal hidayah.
Wassalamualaikum Wr. Wb.



0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.