3 Cara menghemat uang jajan



3 Cara menghemat uang jajan
Anda mempunyai keinginan untuk memiliki barang, akan tetapi uang yang anda miliki ekarang tidak mencukupi. Nah, bagaimana kalau misalnya anda menghemat uang jajan anda setiap bulannya untuk mewujudkan keinginan anda tersebut. Sehingga anda tidak perlu lagi meminta uang tambahan untuk mewujudkan keinginan anda tersebut. Lalu apa yang harus anda lakukan untuk menghemat uang jajan? Berikut ini adalah cara mudah bagi anda untuk menghemat uang jajan.
1.      Biasakan untuk sarapan di rumah
Biasanya remaja paling enggan untuk sarapan di rumah, padahal dia bukan anak kos. Mereka paling suka menghabiskan waktunya untuk nongkrong pagi hari di kantin sekolah atau kampus untuk sarapan. Ya memang, kebiasaan mereka sudah benar, karena mereka sudah mau untuk sarapan. Karena sarapan penting untuk menunjang konsentrasi dalam belajar. Akankah lebih baiknya jika anda membiasakan diri untuk sarapan di rumah? Dengan begitu anda bisa menikmati masakan buatan ibu anda sendiri. Jika anda biasakan sarapan di rumah, ibu anda pasti akan merasa senang, karena mereka merasa masakan yang telah mereka masak telah dihargai oleh anaknya sendiri. Dan juga anda bisa lebih dekat dengan keluarga anda sendiri dengan memanfaatkan waktu sarapan anda di rumah. Jika berbicara soal hitung-hitungan. Saat anda sarapan, pasti yang anda perlukan adalah makanan dan minum? Kita asumsikan saja harga satu porsi nasi adalah Rp5.000,00 dan harga sebotol air minum adalah Rp2.000,00. Berarti total biaya yang anda keluarkan untuk sarapan adalah Rp7.000,00. Itu sehari. Jumlah itu bukanlah uang yang sedikit. Bayangkan jika anda melakukannya selama sebulan, dua bulan, tiga bulan, dan seterusnya? Bisa anda bayangkan berapa banyaknya uang yang anda hemat dan kedekatan dengan keluarga anda?

2.      Bawalah bekal untuk makan siang
Masalah makanan seringkala menjadi masalah utama bagi para pelajar atau mahasiswa yang sedang menuntut ilmu. Jika soal makanan tak bisa dipenuhi oleh pencari ilmu itu, maka mereka tak kan bisa berkonsentrasi dalam memahami ilmu yang mereka dapatkan. Untuk mengisi kembali tenaga yang telah terkuras selama belajar, biasanya pelajar atau mahasiswa menghabiskan waktu istirahatnya untuk mengisi perutnya di kantin. Bukankah anda juga tidak kuasa menahan lapar saat belajar? Nah, soal makanan inilah hal yang paling menguras kantong anda. Anda bisanya boros dalam soal makanan. Apalagi ketika anda lapar, semua makanan sekaan muat di perut anda. Jika anda serius untuk menghemat uang jajan, maka bawalah bekal makan siang. Dengan begitu anda tidak perlu lagi membeli makanan. Kita akan bicara mengenai hitung-hitungan lagi. Saat anda makan siang, hal yang anda perlukan pasti tetap saja makanan dan minuman. Tapi di sini anda tidak perlu membeli minuman karena anda tadi sudah membeli minuman tadi pagi. Jadi hanya ada biaya makan. Seporsi nasi seharga Rp5.000,00. Jadi jika anda tidak sarapan dan membawa bekal makan siang sendiri, maka total biaya yang anda keluarkan dalam sehari adalah Rp12.000,00. Monggo , dihitung sendiri totalnya dalam sebulan. Jika anda memilih untuk membawa bekal makan siang sendiri, anda tidak hanya menghemat, tapi anda juga telah menerapkan pola hidup sehat. Anda tidak tahu bukan makanan yang anda makan di kantin selama ini ini mengandung apa? Bukankah lebih terjamin makanan yang anda bawa sendiri dari rumah?

3.      Berpuasalah
Eits... puasa yang dimasudkan disini ini bukan puasa menahan rasa lapar dan haus ya. Tapi lebih mengarah pada menahan keinginan untuk membeli barang ini dan itu yang tidak terlalu penting. Ketika serangan rasa untuk membeli barang diluar tujuan skala prioritas anda, sebaiknya anda berpuasa dulu untuk tidak membeli barang tersebut. Yakinkan pada diri anda sendiri, bahwa untuk saat ini anda sedang tidak membutuhkan barang tersebut dan saat ini anda sedang membutuhkan barang yang menjadi alasan untuk meghemat uang jajan.


Demikianlah 3 cara untuk menghemat uang jajan. Semuanya kembali ke diri anda sendiri. Anda mau berhemat atau tidak. Karena hidup adalah sebuah pilihan. Dan tentukanlah pilihan yang terbaik untuk masa depan anda sendiri. Semoga program penghematan uang jajan anda berjalan lancar. Dan sampai jumpa...

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.