Soal dan Pembahasan Soal OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2015 No. 8


Sebelumnya, Soal dan Pembahasan Soal OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2015 No. 7


8. Mutasi yang diturunkan pada CFTR (Cystic fibrosis transmembrane conductance regulator), pada keadaan homozigot, menyebabkan cystic fibrosis. Transport ion klorida dihambat pada berbagai tipe sel, terutama pada organ paru-paru dan pankreas. Terhambatnya ion klorida pada penyakit ini menyebabkan….

A. Ketidakmampuan mensekresi ion klorida dari sel, dan air yang akan menyertai ion klorida untuk menyediakan keseimbangan osmotik.
B. Ketidakmampuan mensekresi ion klorida dari sel, dan air yang akan berlawanan dengan ion klorida untuk menyediakan keseimbangan osmotik.
C. Ketidakmampuan mensekresi ion klorida dari sel, dan ion hidrogen yang menyertai ion klorida untuk menyediakan keseimbangan osmotik.
D. Ketidakmampuan mensekresi ion klorida dari sel, dan ion hidrogen yang akan berlawanan dengan ion klorida untuk menyediakan keseimbangan osmotik.

E. Ketidakmampuan mensekresi ion klorida dari sel, dan ion natrium yang mentertai ion klorida untuk menyediakan keseimbangan osmotik. 

Jawaban : A

Pembahasan 

Kanal ion klorida (Cl-)
Kanal ion merupakan protein membran yang terdapat pada lapisan lipid membran sel, tersusun dari beberapa sub-unit protein membentuk suatu pori-pori
Kanal Cl- dalam sel cukup berperan juga, terutama:
1. Regulasi volume dan homeostasis ionik
2. Transport transepithelial
3. Regulasi eksitabilitas elektrik

Pembukaan kanal Cl-
Cl- masuk ke dalam sel -> hiperpolarisasi (Cl kan minus)

Inaktivasi kanal Cl-
Hiperereksibilitas. misalnya pada mutasi kanal Cl- pada otot menyebabkan myotonia (kekejangan otot)

Transport Garam dan Air

salah satu kanal Cl- yang berperan untuk transport garam dan air adalah Cystic fibrosis transmembrane conductance regulator (CFTR)

CFTR banyak terdapat di tubuh, antara lain usus, saluran nafas, kelenjar eksresi, empedu

Malfungsi dari CFTR menyebabkan penyakit Cystic fibrosis dikarakteristikkan adanya sekret-sekret pekat di tubuh, misalnya keringat jadi pekat, dahak kental, infertilitas karena saluran reproduksi tersumbat mukus yg kental.

Obat-Obat yang beraksi di kanal Cl-
Obat2 yg beraksi di kanal ion Cl- masih sangat sedikit ditemukan.
Salah satunya adalah Lubiproston. Lubiproston membuka kanal Cl- tipe CLC-2 pada sel2 epitel usus, sehingga meningkatkan pergerakan cairan ke usus, yang akan mengurangi konsistensi feses. atau sebagai obat konstipasi idiopatik kronis.

Jadi untuk menyeimbangkan konsentrasi sekret-sekret agar menjadi isotonis, maka akan banyak air yang menyertai ion klorida.

Selanjutnya Soal dan Pembahasan Soal OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2015 No. 9

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.