Resume Sirah Shahabiyah Jilid 1



'Aisyah binti Abu Bakar radiyallahu 'anha.
"Kesuciannya diumumkan dari tujuh lapis langit dan seorang Istri Nabi saw. di dunia dan di akhirat."
'Aisyah ra. putri dari seorang sahabat tercinta Rasulullah SAW. Kemuliaan sang Ayah, Abu Bakar ra. memberikan keberkahan pada masa kecilnya, pengajaran dari Islam yang mulia sejak ia memahami Islam seutuhnya. Suaminya adalah manusia paling agung sepanjang zaman, Muhammad bin Abdullah saw. yang telah memberikan pengajaran diatas masa belia 'Aisyah ra. memberikan kelembutan hikmah. memberikan rasa cinta yang bermuara pada Sang Khalik. Itulah 'Aisyah ra. Seseorang yang paling Rasulullah sawa. cintai setelah ayahnya.
Bertanyalah 'Amr bin Al-'Ash., "Siapakah orang yang paling engkau cintai, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Aisyah." 'Amr bertanya lagi, "Kalau dari golongan laki-laki, siapa?" Beliau menjawab, "Ayahnya." (Muttafaq 'alaih)
AllahuAkbar.
Betapa rasa cinta kepada 'Aisyah ra. bagaikan air yang mengalir semasa 'Aisyah ra. hidup bersama Rasulullah saw. Sejak Rasulullah memutuskan menikahinya pada usia yang sangat belia, yaitu 6 tahun(ada redaksi hadis yang mengatakan 7tahun). Kemudian memutuskan bersama dalam satu rumah di madinah pada saat 'Aisyah berusia 9 tahun. Masa belia 'Aisyah layaknya anak-anak seusianya. Namun dengan sabarnya Rasulullah memberikan pengajaran dan hikmah kepada 'Aisyah, jadilah ia sosok Ummul Mukminin(ibunda bagi seluruh orang beriman, semoga Allah meridhoinya) yang sangat mulia, cerdas, pintar, paling luas ilmu dan pemahamanannya dari seluruh wanita umat ini, dan kesuciannnya diumumkan pada 7 lapis langitNnya.
'Aisyah ra. wanita berparas cantik, berkulit putih bersih sehingga ia di juluki Al-Humaira' oleh Nabi saw. seorang gadis satu-satunya yang dinikahi oleh Nabi saw. 'Aisyah ra. berkata, 'Ada tujuh kelebihan dalam diriku yang tidak dimiliki wanita mana pun kecuali kelebihan-kelebihan yang diberikan oleh Allah kepada Maryam binti 'Imran. Demi Allah, dengan mengatakan hal ini aku tidak bermaksud membanghakan diriku atas teman-temanku(istri-istri Rasulullah saw. yang lain)."
Abdullah bin Shafwab bertanya, 'Apa tujuh kelebihan itu, wahai Ummul Mukminin?" 'Aisyah menjawab, "Malaikat membawa gambarku (dalam mimpi) kepada Rasulullah saw.; Rasulullah saw. menikahiku saat aku berumur 7 tahun, lalu aku diserahkan (serumah) dengan beliau saat berumur 9 tahun, beliau menikah denganku saat aku perawan, dan itu hanya beliau lakukan dengan ku; wahyu turun kepada beliau saat beliau berada dalam satu selimut denganku; aku adalah orang yang paling beliau cintai; Allah menurunkan ayat-ayat Al-qur'an karena aku, disaat semua umat nyaris celaka karena kasusku; aku melihat jibril dan tidak ada satu pun dari istri beliau yang pernah melihatnya; Rasulullah saw. meninggal dirumaku dan saat itu tidak ada orang yang mengurusnya kecuali aku dan malaikat." (HR. Bukhari)
Wahai 'Aisyah ra. istri Rasulullah didunia dan diakhirat, betapa mulianya engkau, wahai Ummul mukiminin yang terkenal karena kejuhudan dan kedermawanannya. Sampai berbulan-bulan bersama tinggal bersama Rasulullah saw. hanya berbekal kurma dan air. Tak ada yang menarik dari pakaiannya yang harus ditambal di satu sisi bagian. Begitu indah pengajaran yang telah Rasulullah saw. tanamkan pada istri-istrinya. Baginya Allah swt. dan Rasul-Nya serta kenikmatan akhirat lah yang ia dambakan. Sampai kepada jibril pun menyampaikan Salam kepada 'Aisyah ra.
Rasulullah saw. berkata, 'Hai 'Aisy(panghilan kesayangan Nabi kepada Aisyah), ini jibril. Ia mengucapkan salam kepadamu.' 'Aisyah membalas, 'Wa 'alaihis Salaam wa Rahmatullah wa Barakaatuh (semoga Jibril juga mendapat kesejahteraan, limpahan kasih sayang dan berkah dari Allah) Engkau (Rasulullah saw.) melihat sesuatu yang tidak dapat kulihat." (Muttafaq "alaih)
'Aisyah ra. dan segudang mutiara akhlak yang tak akan habis diceritakan..
(Sirah belum selesai)
Buku : Sirah Shahabiyah Jilid 1
Karya : Muhammad Al-Mishri
Resume : Al_Izzah
‪#‎BudayakanMembaca‬
‪#‎InAction‬
‪#‎LangkahKita‬
‪#‎IsudanKeummatan‬
@ldkalhurriyyah

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.