Soal dan Pembahasan Soal OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2015 No. 77



77. Contoh penyakit yang diturunkan oleh gen autosomal dominan adalah…
A. Buta warna biru-kuning
B. Syndrome Prader-Wili
C. Huntington’s disease
D. Cron’s disease
E. Lou Gehrig’s disease

Jawaban : C

Pembahasan
Mari kita jabarkan opsi di atas.

Buta warna
Seperti yang teman-teman ketahui, buta warna adalah ketidak mampuan mata untuk melihat salah satu atau beberapa warna. Perlu kalian ketahui, buta warna yang paling sering ditemui adalah jenis buta warna merah-hiaju. Artinya, penderita yang mengalaminya—penderita paling banyak adalah pria—akan sulit sekali untuk membedakan gradasi warna merah, kuning dan hijau. Ada juga jenis buta warna yang jarang ditemui. Coba tebak jenis buta warna apa? Jenis buta warna yang jarang ditemui adalah jenis buta warna biru-kuning. Pada jenis buta warna ini rasio antara laki-laki dan perempuan untuk menderita buta warna ini adalah sama. Penyebab buta warna adalah kelainan dari faktor genetik yang telah diturunkan oleh orang tua. Sifat yang diturunkan oleh orang tua yang buta warna akan terpaut pada kromosom kelamin. Tapi tidak hanya masalah genetika yang menyebabkan buta warna, ada faktor lain. Diantaranya yaitu akibat pengobatan suatu penyakit, usia, bahan kimia, dan penyakit.

Sindrom Prader-Willi
Sindrom Prader-Willi biasanya disingkat dengan PWS. PWS adalah jenis sindrom yang disebabkan oleh gangguan pada kromosom nomor 15. Ciri-ciri para pengidap PWS adalah mengalami obesitas, jari dan tangan pendek, keterbelakangan mental, tubuh pendek, dan hipogonadisme. Sindrom ini disebabkan oleh adanya cacat kromosomal.

Huntington Disease
Apakah kalian telah mengenal penyakit huntington? Jika belum, mari kita bahas bersama-sama. Huntington disease adalah jenis penyakit yang menyerang susunan saraf. Penyakit ini ditemukan oleh George Huntington. Sehingga untuk menghargai jasanya, penyakit ini dinamai dengan nama beliau, Huntington. Penyakit huntington disebabkan oleh kelainan genetika sehingga menurun dari orang tua ke anaknya. Gen penyakit ini merupakan gen autosomal dominan sehingga jika orang tua menderita penyakit ini maka anaknya akan mengidapnya juga. Gejala dari penyakit ini adalah memorinya cepat hilang, hilang koordinasi, jari tangan dan kaki bergerak sendiri, ketidakjelasan dalam berbicara dan masalah lainnya yang diatur oleh saraf.

Crohn’s Disease
Crohn’s disease adalah penyakit peradangan yang terjadi pada dinding saluran sistem pencernaan. Radang ini bisa terjadi dari mulut hingga anus.  Peradangan ini biasanya menyerang ileum atau bagian bawah dari usus halus. Penyebab dari penyakit ini adalah dari keturunan, kekebalan tubuh, usia, merokok, dan karena infeksi. Tapi pada dasarnya penyakit crohn ini disebabkan oleh sel darah putih yang menyerang bakteri baik yang ada di usus sehingga bakteri baik itu pun berkurang. Jadi penyebab penyakit ini adalah kesalahan dalam imunitas.

Lou Gehrig’s Disease
Penyakit Lou Gehrig ini biasanya disebut dengan nama ALS teman-teman. ALS merupakan Amytrophic Lateral Sclerosis. Penyakit ini hampir sama dengan penyakit huntington yang sama-sama menyerang saraf, tapi bedanya ALS ini menyerang sel saraf di otang, dan sunsum tulang belakang, dan khusuya menyerang saraf motorik. Penyakit ini disebabkan oleh saraf-saraf yang ada di dalam tubuh tidak mendapatkan nutrisi sehingga saraf-saraf tubuh tidak bekerja dengan semestinya dan akan mengalami penyusutan.


0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.