Nelson Mandela: Sang Pemaaf Peruntuh Apartheid



Vikandini Putri P. N.
XI-IA.2
26

Setelah kalian membaca teks cerita ulang biografi “Nelson Mandela: Sang Pemaaf
Peruntuh Apartheid” tersebut, cobalah kalian diskusikan beberapa hal berikut.

(1) Dapatkah kalian membayangkan seperti apa sosok Nelson Mandela itu? Coba
kalian ceritakan.
Jawab: Nelson Mandela adalah anak dari seorang kepala suku. Nelson Mandela mulai melibatkan diri dalam aksi protes mahasiswa pada saat dia sudah keluar dari sekolah College of Fort Hare. Dia merasakan hidup di penjara selama 2 dekade dan akhirnya dibebaskan. Dia menghadapi hal paling berat, yaitu menghadapi kaum minoritas kulit putih. Mandela ini memiliki sifat pemaaf yang luar biasa, bersahaja, baik, rela berkorban, berjuang keras,tidak kenal kata menyerah dalam memberantas apartheid.

(2) Layakkah ia disebut sebagai seorang tokoh dunia? Berikan alasan kalian.
Jawab:  Ya. Karena dia telah memberantas apartheid di dunia hingga dia di penjara, rela meninggalkan karirnya sebagai pengacara, dan setelah menjadi seorang presiden ketakutannya pada kaum minoritas kulit putih juga besar. Tetapi dia menghadapi dan mampu mengatasinya itu semua. Meskipun dia tidak memilih jalan kekerasan dalam memberantas apartheid, tetapi dia bisa membuktikan bahwa dia berhasil menjadikan kedudukan ras kulit hitam dan kulit putih sama di mata dunia.

(3) Setujukah kalian dengan sifat pemaaf Nelson Mandela itu? Mengapa?
Jawab: Ya. Dengan sifat pemaaf yang dia miliki, dia berhasil meruntuhkan politik apartheid di dunia terutama di negaranya yaitu Afrika Selatan. Hal ini juga agar diskriminasi terhadap kulit hitam tidak berkelanjutan.

(4) Apakah kalian mengenal tokoh dunia lainnya? Siapa saja?
Jawab: James Watt, Galileo Galilei, B.J. Habibie, Ir. Soekarno dan yang lainnya.

(5) Mengapa mereka disebut sebagai tokoh dunia? Apa yang telah mereka lakukan?
Jawab: Karena beberapa tokoh di atas, ataupun tokoh-tokoh dunia lainnya telah melakukan perubahan yang besar terhadap dunia agar lebih baik lagi. Entah itu di bidang politik, ekonomi, teknologi, dan lainnya
Penjabaran Kalimat Simpleks dan Kompeks dalam Jawaban:
Kalimat Simpleks
Kalimat Kompleks

Karena beberapa tokoh di atas, ataupun tokoh-tokoh dunia lainnya telah melakukan perubahan yang besar terhadap dunia agar lebih baik lagi


Dengan sifat pemaaf yang dia miliki, dia berhasil meruntuhkan politik apartheid di dunia terutama di negaranya yaitu Afrika Selatan

Dia menghadapi hal paling berat, yaitu menghadapi kaum minoritas kulit putih


Tetapi dia menghadapi dan mampu mengatasinya itu semua.

Mandela ini memiliki sifat pemaaf yang luar biasa, bersahaja, baik, rela berkorban, berjuang keras, tidak tidak kenal kata menyerah dalam memberantas apartheid.


Meskipun dia tidak memilih jalan kekerasan dalam memberantas apartheid, tetapi dia bisa membuktikan bahwa dia berhasil menjadikan kedudukan ras kulit hitam dan kulit putih sama di mata dunia.


0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.