TUGAS BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1

TUGAS BAHASA INDONESIA KELAS XI SEMESTER 1






1.      Dapatkah kalian membayangkan seperti apa sosok Nelson Mandela itu? Coba kalian ceritakan.

Sosok Nelson Mandela dikenal sebagai tokoh dan pemimpin besar dunia yang banyak dikagumi oleh kalangan tokoh internasional dari belahan negara manapun. Hal ini dikarenakan, Nelson Mandela adalah sosok yang sangat luar biasa, murah hati dan tidak pernah pandang bulu. Ia selalu memperhatikan dan menjunjung tinggi hak asasi manusia. Nelson Mandela juga adalah sosok yang sederhana. Tetapi dibalik kesederhanaan itu terdapat jiwa yang luar biasa yaitu memiliki jiwa toleran yag tinggi, jiwa besar, serta  teladan bagi orang melihatnya. Ketika Nelson menyaksikan politik apatheid yang sangat tidak manusiawi, mandela yang berkulit hitam meneguhkan hatinya untuk melawan semua diskriminasi warna kulit itu. Mandela memilih jalan tanpa kekerasan. Mandela memikul seluruh tanggung jawab perjuangannya. Hal itulah yang membuatnya menjadi simbol perlawanan apratheid.
Mandela juga dikenal sebagai tokoh konsiliator agung, tokoh pemersatu rakyat dan bangsa Afrika Selatan yang sebelumnya tercabik-cabik oleh perpecahan akibat praktik apartheid. Mandela juga dikenal sebagai kepala pemerintahan (presiden) yang memimpin dengan kekuatan hati nuraninya.

2.      Layakkah ia disebut sebagai seorang tokoh dunia? Berikan alasan kalian.

Menurut saya, Nelson Mandela layak dianugerahi gelar sebagai tokoh dunia. Karena Nelson Rolihlahla Mandela adalah seorang revolusioner anti-apartheid. Apartheid adalah suatu program pemerintah yang didominasi kulit putih yang mencoba untuk menyingkirkan dan menindas suku kulit hitam. Nelson Mandela dengan gigih menggencarkan serangan untuk melawan politik itu. Tidak sembarangan orang bisa dan mau untuk menghilangkan apertheid di Afrika. Jika seseorang memutuskan dirinya menjadi seorang revolusioner anti-apartheid, maka ia harus mengambil semua resiko yang akan dihadapi. Dan tentu saja resiko yang akan ia hadapi bukan resiko yang kecil, tapi merupakan resiko yang sangat besar. Selain itu ia harus meluangkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk perjuangannya itu. Untuk itulah Nelson Mandela berhak dianugerahi sebagai tokoh dunia yang kemudian sukses mengantarkannya mendapat hadiah Nobel perdamaian.

3.      Setujukah kalian dengan sifat pemaaf nelson mandela itu? mengapa?

Ya, saya setuju. Karena rasa memaafkan dapat menyelesaikan perselisihan atau perseteruan antara kaumnya (golongan berkulit hitam) dengan golongan berkulit putih. Selain itu dengan rasa maaf, ia mampu menyatukan masyarakat Afrika Selatan yang berbeda warna kulit itu dan dapat menghilangkan rasa benci, dengki dan dendam antara golongan berkulit hitam dan golongan berkulit putih. Sehingga rasa maaf itu dapat menghilangkan apartheid. Jika Nelson Mandela tidak memiliki sifat pemaaf, maka apartheid tidak akan pernah hilang dari bumi Afrika Selatan bahkan di dunia ini.

4.      Apakah kalian mengenal tokoh dunia lainnya? Siapa dia?

Ya. Tokoh dunia yang saya kenal, antara lain :
a.       Nabi Muhammad SAW
b.      Muhammad Al Fatih
c.       Ibnu Rusyd atau Averoes
d.      Leonardo Da Vinci
e.       Sir Issac Newton
f.        Albert Einstein
g.      Thommas Alfa Edison
h.      Abraham Lincoln
i.        Bill Gates

5.      Mengapa mereka disebut sebagai tokoh dunia? Apa yang telah mereka lakukan?

Yang mereka lakukan adalah :
·         Nabi Muhammad SAW
Menurut saya yang Nabi Muhammad SAW telah lakukan sehingga Beliau menjadi tokoh dunia adalah Rasulullah telah berhasil untuk meruntuhkan dua imperium besar pada masanya yaitu Imperium Persia dan Romawi yang telah berkuasa selama ribuan tahun. Nabi Muhammad juga telah membuktikan pada dunia jika peradaban baru yang baru muncul di tengah-tengah imperium besar itu bisa meluluh lantakkan kekuasaan besar itu. Peradaban baru itu adalah peradaban islam yang muncul di Jazirah Arab. Dengan pembebasan kedua imperium besar itu, Nabi Muhammad membuat Islam  dapat mensejaherakan semua umat manusia di dunia ini, karena menurut saya, Rasulullah adalah sosok rahmatan lil alamin atau rahmat bagi seluruh alam.

·         Muhammad Al Fatih
Menurut saya yang Muhammad Al Fatih telah lakukan sehingga Beliau menjadi tokoh dunia adalah Muhammad Al Fatih dapat menaklukkan Konstantinopel atau yang sekarang dikenal sebagai Instanbul. Penaklukkan Konstantinople itu sangat tidak mudah. Saya mengatakan demikian, karena sudah 7 generasi dari keluarga Muhammad Al Fatih yang merupakan keluarga Kesultanan Turki Utsmani yang telah mencoba menaklukkan Konstantinopel, tapi semuanya tidak ada yang berhasil. Hal ini dikarenakan Konstantinopel memiliki tembok pertahanan yang tidak pernah tertembus selama 1600 tahun, hanya satu kali temboknya pernah ditembus oleh pasukan salib. Muhammad Al Fatih juga harus berjuang selama 54 hari untuk meruntuhkan tembok yang melindungi Konstantinopel. Dan pada akhirnya Muhammad Al Fatih mampu membuktikan jika bisyarah atau kabar gembira dari Nabi Muhammad SAW adalah benar. Yaitu umat islam akan menaklukkan kota yang paling megah pada zamannya yaitu Konstantinopel. Sehingga ia mendapatkan gelar Al Fatih yang artinya Sang Penakluk.

·         Ibnu Rusyd atau Averoes
Menurut saya yang Ibnu Rusyd  telah lakukan sehingga Beliau menjadi tokoh dunia adalah Ibu Rusyd telah melakukan gerakan pencerahan atau Renaisans di bumi Eropa yang pada saat itu dilanda kegelapan. Bumi Eropa mengalami kegelapan karena ilmu pengetahuan tidak diizinkan berkembang di Eropa karena ilmu pengetahuan dianggap menentang geraja sehingga secara tidak langsung ilmu pengetahuan dianggap menentang Tuhan. Akan tetapi dengan pemikirang Ibnu Rusyd yang berani, ia merubah semua itu. Karena jasanya, Benua Eropa yang dulunya gelap gulita menjadi Benua yang penuh dengan peradaban yang maju seperti saat ini.

·         Leonardo Da Vinci
Menurut saya yang membuat Leonardo Da Vinci saya golongkan ke dalam tokoh dunia adalah Leonardo karena Leonardo Da Vinci adalah orang yang serbabisa, ahli dalam banyak bidang, dan banyak memiliki ide-ide baru. Leonardo mempelajari sesuatu bukan untuk “sekadar tahu”, melainkan untuk mencipta. Ia mengerjakan karya-karyanya dengan tekun, sabar, dan penuh semangat. Lihat saja bagaimana ia mengerjakan patung Sforza horse bagi Duke Ludovico Sforza selama sebelas tahun. Inilah prinsip penting bagi siapa pun yang ingin meraih kesuksesan dari pekerjaannya. Sukses terbesar Leonardo adalah ketika ia dapat menjalani hidup sesuai dengan visinya. Orang-orang visioner selalu selangkah di depan, karena ia berpandangan jauh ke depan dan melihat berbagai peluang serta kemungkinan-kemungkinan baru yang belum terpikirkan orang lain.

·         Sir Issac Newton
Menurut saya yang membuat Sir Issac Newton saya golongkan ke dalam tokoh dunia adalah karena kemampuan logikanya. Dengan kemampuan loginya ia mampu merubah dunia hingga ia menghasilkan karya yang berjudul Philosophiae Naturalis Principia Mathematicayang diterbitkan pada tahun 1687. Karya ini dianggap sebagai buku paling berpengaruh sepanjang sejarah sains. Melalui karyanya, ilmu pengetahuan di dunia berkembang dengan pesat dan bermanfaat bagi kehidupan manusia.





No
Kalimat Simpleks
Kalimat Kompleks
1.
Mandela memilih jalan tanpa kekerasan.
Ia selalu memperhatikan dan menjunjung tinggi hak asasi manusia.
Mandela (S) memilih (P)  jalan (O) tanpa kekerasan (K)
Ia (S) selalu memperhatikan dan menjunjung (P) tinggi (K) hak asasi manusia (O)
2.
Mandela memikul seluruh tanggung jawab perjuangannya.
Nelson Mandela dengan gigih menggencarkan serangan untuk melawan politik itu.
Mandela (S) memikul(P) seluruh tanggung jawab (O) perjuangannya (K)
Nelson Mandela (S) dengan gigih (K) menggencarkan (P) serangan (O) untuk melawan (P) politik itu (O)
3.
Sehingga rasa maaf itu dapat menghilangkan apartheid.
Jika seseorang memutuskan dirinya menjadi seorang revolusioner anti-apartheid, maka ia harus mengambil semua resiko yang akan dihadapi.
Sehingga rasa maaf itu (S) dapat menghilangkan (P) apartheid (O)
Jika seseorang (S) memutuskan (P) dirinya (O) menjadi seorang revolusioner anti-apartheid (K), maka ia (S) harus mengambil (P) semua resiko yang akan dihadapi (K).
4.
Nelson Mandela layak dianugerahi gelar sebagai tokoh dunia.
Sosok Nelson Mandela dikenal sebagai tokoh dan pemimpin besar dunia yang banyak dikagumi oleh kalangan tokoh internasional dari belahan negara manapun.
Nelson Mandela (S) layak (K) dianugerahi (P) gelar  (O) sebagai tokoh dunia (K)
Sosok Nelson Mandela (S) dikenal (P) sebagai tokoh dan pemimpin besar dunia (O) yang banyak dikagumi (P) oleh kalangan tokoh internasional dari belahan negara manapun (K)
5.
Karena rasa memaafkan dapat menyelesaikan perselisihan atau perseteruan antara kaumnya (golongan berkulit hitam) dengan golongan berkulit putih.
Mandela juga dikenal sebagai kepala pemerintahan (presiden) yang memimpin dengan kekuatan hati nuraninya
Karena rasa memaafkan (S) dapat menyelesaikan (P) perselisihan atau perseteruan (O) antara kaumnya (golongan berkulit hitam) dengan golongan berkulit putih (K)
Mandela (S) juga dikenal (P) sebagai kepala pemerintahan (presiden) (K) yang memimpin (P) dengan kekuatan hati nuraninya (K)
6.

Selain itu dengan rasa maaf, ia mampu menyatukan masyarakat Afrika Selatan yang berbeda warna kulit itu dan dapat menghilangkan rasa benci, dengki dan dendam antara golongan berkulit hitam dan golongan berkulit putih.

Selain itu dengan rasa maaf (K), ia (S) mampu (K) menyatukan (P) masyarakat Afrika Selatan yang berbeda warna kulit itu (O) dan dapat menghilangkan (P) rasa benci, dengki dan dendam (K) antara golongan berkulit hitam dan golongan berkulit putih (O).


0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.