Enzim Telomerase



Sudah kenalkah temans dengan enzim telomerase? Jika kalian belum mengenalnya dengan baik, yuk kita kenalan dengan enzim telomerase dengan cara membahasnya dengan rinici.

Enzim telomerase adalah enzim yang termasuk golongan reverse transcriptase enzim di mana ia memiliki peran didalam pemendekan kromosom selama proliferasi sel. (Proliferasi adalah pertumbuhan sel yang disebabkan oleh pembelahan sel yang cepat bukan berdasarkan pada bertambah besarnya sel tersebut) Enzim ini juga berfungsi untuk menambahkan urutan DNA berulang yaitu TTAGGG pada semua vertebrata pada ujung 3' utas DNA-nya. Enzim telomerase tersusun atas DNA yang rapat sehingga menjaga kromosom tetap stabil. Cara kerja dari enzim telomerase adalah dengan cara membangun kembali telomere yang menutupi setiap ujung kromosom yang bisa menghentikan proses terurainya enzim. (Telomere adalah gen yang berada di ujung kromosom) Semakin panjang telomere pada suatu sel, maka sel itu akan terlindungi dan proses penuaan sel akan berjalan lambat.

Aktivitas dari enzim telomerase pada kebanyakan sel eukariota banyak ditemukan pada jaringan somatik dan diekspresikan pada sel yang mengalami pembelahan cepat atau proliferasinya cepat seperti yang terjadi pada sel kanker atau tumor.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.