Soal Biologi Molekuler dan Pembahasannya



1.       Seorang ilmuan ingin melakukan rekayasa terhadap suatu jenis tanaman jagung yang dapat bertahan terhadap temperatur rendah. Ia mencoba untuk mengubah komposisi membran sel tanaman tersebut untuk menurunkan titik suhu terjadinya transisi fasa. Manakah dari perlakuan berikut yang dapat dilakukan untuk meningkatkan toleransi tanaman terhadap suhu dingin?

Jawaban : Meningkatkan frekuensi rantai asam lemak tidak jenuh
Pembahasan :
Ingat sifat membran plasma sel temans. Komposisi lipid membran sel dapat berubah sebagai penyesuaian terhadap perubahan suhu. Misalnya, pada banyak tumbuhan yang dapat menolerensi hawa dingin yang ekstrem, misalnya gandum musim dingin, presentase fosfolipid tak jenuh meningkat pada musim dingin. Adaptasi ini mencegah membran memadat selama musim dingin.

2.       Berikut ini adalah urutan basa nitrogen dari ujung suatu untai DNA yang akan anda amplifikai dengan menggunakan PCR (polymerase chain reaction).
5’ACC CCC TCC AGA ___ GGGCCA GCG TAT 3’
3’TGG GGG AGG TCT ___ CCC GGT CGC ATA 5’
Manakah dari urutan basa nitrogen berikut yang merupakan set primer yang sesuai untuk melakukan pekerjaan anda?

Jawaban :
Forward = 5’ ACC CCC TCC AGA 3’, reverse = 5’ATA CGC TGG CCC3’
Pembahasan :
Basa pada forward berasal dari 5’ACC CCC TCC AGA pada 5’ACC CCC TCC AGA ___ GGGCCA GCG TAT 3’
Sedangkan reverse berasal dari CCC GGT CGC ATA 5’ pada 3’TGG GGG AGG TCT ___ CCC GGT CGC ATA 5’



0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.