Soal dan Pembahasan Soal OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2015 No. 89



Pertanyaan no. 89-91 berdasarkan pada grafik di bawah ini.
Seorang peneliti ekologi mengukur evapotranspirasi dan produktivitas primer bersih dari
berbagai macam tipe ekosistem. Berikut ini grafik hasil penelitiannya.



89. Berapa banyak tipe ekosistem yang memiliki laju evapotranspirasi yang lebih tinggi dari
ekosistem yang ditemukan di latitude terendah?
A. 0
B. 1
C. 2
D. 3
E. 4

Jawaban : A

Pembahasan
Yang perlu kalian ingat di sini adalah pengertian latitud dan altitud. Latitude adalah letak suatu wilayah berdasarkan letak lintangnya. Sedangkan altitud adalah letak suatu wilayah yang dilihat dari ketinggiannya.

Pada soal di atas diminta ekosistem yang ditemukan di latitud rendah. Nah tahukah kalian apa itu latitude rendah? Seperti yang telah saya jelaskan tadi bahwa latitude adalah letak lintang. Berarti laltitud rendah adalah lintang rendah atau bisa disbeut sebagai daerah katulistiwa. Bukankah daerah katulistiwa lintanya=0 derajat?


Lalu coba lihat ekosistem di atas? Ekosistem mana yang terletak di katulistiwa? Hutan hujan tropis bukan? Nah temans, pada soal di atas diminta laju evapotranspirasi yang lebih tinggi dari eksosteim yang berlatitude rendah. Berarti ekosistem yang laju evapotranspirasi yang berada di atasnya hutan hujan bukan? Adakah ekosistem yang laju evapotranspirasinya di atas hutan hujan? Tidak ada bukan? Karena hutan hujan laju evapotranspirainya tertinggi bukan? Nah berarti jawabannya adalah 0.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.