Soal dan Pembahasan Soal OSN Biologi SMA Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2015 No. 80



80. Tiga orang pria telah dituduh melakukan pembunuhan. Data analisis RFLP dari hasil tes
darah dan darah pelaku yang ditemukan pada tempat kejadian pembunuhan digunakan untuk
menentukan pria yang mana yang telah melakukan pembunuhan.

Berdasarkan data diatas, pria manakah yang telah melakukan pembunuhan?
A. Pria 1
B. Pria 2
C. Pria 3
D. Ketiga pria tidak bersalah
E. Tidak dapat ditentukan

Jawaban : D

Pembahasan
Sebelum kita mengerjakab soal ini ada baiknya untuk mengetahui apa sih RFLP itu. RFLP memiliki kepanjangan Retiction Fragment Length Polymorphism. Berdasarkan kepanjangannya dapat kita simpulkan bahwa RFLP adalah suatu teknik yang digunakan untuk mendeteksi variasi yang terjadi pada sekuens atau urutan DNA. Teknik ini dilakukan dengan membandungkan pita-pita yang diperoleh dari hasil pemotongan DNA oleh enzim yang bernama enzim restriksi yang dilakukan terhadap individu yang berbeda. Teknik RFLP ini biasanya digunakan untuk mendeteksi hubungan kekerabatan, evolusi, dan diversitas genetik.


Perlu kalian ketahui teman-teman untuk mengerjakan soal di atas, pota DNA dari ketiga prias di atas harus sama persis dengan DNA yang disampel. Jika pita DNA-nya tidak sama, ya berarti mereka bukan pembunuhnya. Jika pita DNA di antara ketiga pria di atas sama persis, maka dialah tersangka utamanya. Coba deh kalian perhatikan pita-pita DNA ketiga pria di atas. Tidak ada yang sama persis kan? Nah untuk itu berarti ketiga pria tidak bersalah.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang kurang jelas atau terjadi kesalahan dalam artikel di atas, tolong beri tahu kami dengan berkomentar. Mohon berkomentar dengan santun dan mengedepankan akhlak mulia. Terima Kasih.